Selasa, 04 Juni 2013

cara memasang kabel rj-45



Sebelum memasang kabel ini, anda harus mengetahui masing-masing kategori dari kabel UTP (Unshelded Twisted Pair), Ada 7 kategori dari kabel ini, kegunaannya berbeda-beda tapi yang biasa dipakai yaitu adalah kategori no.5, biasanya disingkat menjadi cat 5, karena masing-masing kategori fungsinya berbeda maka saya akan jelaskan dibawah ini masing-masing fungsinya :


  1. Cat 1: biasanya dipakai untuk POTS (Plain Old Telephone Service) dan ISDN (Integrated Services Digital Network).
  2. Cat 2: digunakan untuk token ring network dengan kecepatan 4 Mbps.
  3. Cat 3: digunakan untuk data network dengan frekwensi sampai dengan 16 MHz dan lebih terkenal dengan pemakaian dengan kecepatan 10 Mbps.
  4. Cat 4: dengan frekwensi 20 MHz dengan kecepatan transfer 16 Mbps.
  5. Cat 5: dengan frekwensi sampai dengan 100 MHz dan kecepatan transfer file sampai dengan 100 Mbps tapi belum support dengan gigabyte networking.
  6. Cat 5e: sama dengan kategori 5 cuma kabel ini sudah support dengan gigabyte networking.
  7. Cat 6: Mempunyai kemampuan transfer file sampai dengan 250 Mbps .
  8. Cat 6e: merupakan kabel masa depan ,mempunyai kecepatan transfer file sampai dengan 10 Gbps.
  9. Cat 7: kabel yang diciptakan untuk bekerja di frekwensi sampai dengan 10 GHz. 
Yang harus disiapkan dalam memasang RJ45 pada kabel UTP :

1. Kabel UTP yang sudah dibuka.





2. RJ45 yang masih belum disambung dengan kabel UTP



3. Crimping



4. Kabel Tester



Cara memasangnya adalah :

Pertama-tama anda harus mengetahui apa itu Cross-over apa itu straight, Cross-over itu adalah cara pemasangan kabel UTP menyilang yang bertujuan untuk Menghubungkan komputer dengan komputer juga lihat gambar untuk melihat susunan cross-over.


Sedangkan straight merupakan susunan kabel yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan alat networking lainnya misal ,HUB ,Swicth ,Router dan modem ADSL, lihat gambar untuk melihat susunannya.
Ingat, dalam memasang kabel UTP pada RJ45 susunan straught ini ,harus sama kedua ujung kabel harus sama susunannya.
sedangkan sununan cross-over lihat gambar untuk lebih jelasnya.

Yang kedua:
Kupaslah bagian paling luar dari Kabel UTP ,lalu susun kabel yang masih melilit tadi ,jika sudah tersusun sesuai dengan keinginan anda ,sekarang anda harus meratakan bagian ujung kabel dengan cara potong ujung kabel dengan crimping tool supaya rata ujungnya .masukan kabel UTP yang sudah diratakan ujungnya tadi kedalam RJ45 ,lihat gambar untuk memasukan ujung kabel UTP kedalam RJ45 ,lalu sesuaikan deengan gambar yang diatas ,jika sudah dimasukan sesuai dengan gambar yang diatas ,lalu jepit dengan crimping tool supaya kabel UTP kuat merekat pada RJ45.

Yang terakhir:
Test kabel lan pada kabel tester agar memastikan hasil pekerjaan anda ,apakah benar ,ataukah salah ?jika benar ,led yang ada dikabel tester ini akan menyala seluruhnya dikabel tester ini ,jika mati semuanya maka anda gagal dalam merangkai kabel ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar