Senin, 13 Mei 2013

pengertian vm,ware



     pengertian dan fungsi vm,ware.

 


 Virtual Machine yaitu  
sistem operasi di dalam sistem operasi, yang memudahkan kita dan melindungi sistem operasi yang permanen agar terhindar dari kesalahan atau error dalam melakukan penginstalan sistem operasi. VM Ware ini adalah berbasis windows atau dapat berjalan di sistem operasi window.
FUNGSI VMWARE
• VMware, malaikat penolong yang canggih punya. VMWare memberikan pilihan pada situasi dimana aku ingin punya lebih dari satu os dalam satu unit ntah pc/laptop. tidak perlu partisi khusus, mudah sekali tinggal install vmware layaknya software biasa yang letaknya di "program files" windows. kemudian lakukan setting nan mudah mengenai pembagian harddisk space dan memory pada guest os yang mau diinstall, jadilah seolah2 anda punya 2 unit komputer dalam satu unit. ada waktu berikan kesempatan pada diri anda sendiri untuk mencoba VMWare, benar2 ok banget software ini. hasilnya ? aku menjalankan windows xp aku, mendownload beberapa file, sementara aku mengetik blog ini dengan konqueror, browser gratisan dari kubuntu. pertama, instalasi vmware sebagai jembatan dan malaikat penolong pada problem yang hanya memiliki satu unit laptop, dimana aku sama sekali buta soal partisi windows dan linux bersamaan.kedua, setting ala kadarnya seperti yang disarankan wizard dari vmware ketiga,memulai reboot guest dari vmware, mudah, hanya dengan satu tombol "play" di toolbar VMWare, kemudian benar2 ajaib, dalam screen VMWare, muncul tampilan logo vmware, berikut dengan boot screen layaknya computernya anda sedang reboot, dan instalasi kubuntu berjalan, dan terus menginstall, sementara aku sibuk membalas email dalam windows xp.    

LANGKAH – LANGKAH PENGINSTALLAN
• Berikut langkah-langkah menginstall VMWare tools pada Ubuntu.
1.    Klik Install VMWARE Tools yang ada pada menu VM. Langkah ini akan memunculkan CD-ROM VMWare Tools.
2.      Double klik VMWareTools-{Version number}.tar.gz yang ada dalam CD-ROM dan extract kedalam Desktop. Hasilnya adalah sebuah direktory bernama VMWare-tools-distrib yang terlihat pada Desktop.
3.    Dari terminal, ketik:
*      sudo apt-get update
*      sudo apt-get install build-essential
*      uname-r perintah ini untuk mengambil versi kernel yang akan dipergunakan untuk menginstall linux-header pada langkah selanjutnya.
*      sudo apt-get install linux-headers-{ketikan nomor yang muncul dari perintah uname-r lengkap} perintah ini akan menginstalkan linux-header yang dibutuhkan untuk melakukan kompilasi VMWare Tools.
*      cd Desktop/VMWare-tools-distrib/
*      sudo ./VMWare-install.pl selanjutnya tekan saja enter-enter dan enter sampai selesai
4.    Hapus VMWare-tools-distrib pada Desktop dan restart Ubuntu.
5.    Selesai

MANFAAT VMWARE
Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh bila menggunakan vmware, antara lain:
1. untuk keperluan uji program (trial and error), tidak perlu me-restart PC untuk beralih system operasi (dual boot) atau berpindah computer.
2. Dapat mengembangkan peranti lunak multiplatform dengan cepat karena adanya lebih dari system operasi yang berjalan bersamaan.
3. Dapat menambah intensitas penggunaan computer tanpa harus memebeli atau menambah computer.
4. bermigrasi dengan mudah dari satu system operasi ke system operasi lain tanpa harus takut kehilanagan data karena salah partisi

5. dapat membuat jaringan antar PC dengan mesin virtual walaupun PC tidak terpasang Network card maupun hub atau switch. VMware akan secara otomatis menyediakannya.
6. vmware memeberikan fleksibilitas penggunaan system operasi secara bersamaan, sehingga bias mempelajari system operasi yang berbeda tanpa harus kehilanagn banyak waktu. 

tanpa basa-basi langsung download aplikasi nya  
here !!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar